Komisi I dan II DPRD Kaltim Siap Fasilitasi Petani Bakuda

Kutipan Koran Kaltim tanggal 21 Februari 2012

SAMARINDA – Anggota Komisi I dan II DPRD Kaltim siap menerima aspirasi kelompok tani Bakuda (Banjar, Kutai dan Dayak) yang menuntut lahan mereka diganti rugi pihak perusahaan perkebunan sawit PT Fairco Agro Mandiri.
Karena itu Ketua Komisi I DPRD Kaltim yang menangani Bidang Hukum dan Pemerintahan siap membantu warga menyelesaikan sengketa lahan, jika ada aspirasi masuk ke Komisi I. “Terkait sengketa lahan pertanian, maka menjadi tugas Komisi I dan II yang akan membantu masyarakat untuk menyelesaikannya. Yakni Komisi I menanyani masalah hukumnya dan Komisi II terkait perkebunannya,” jelas Ketua Komisi I DPRD Kaltim Sudarno, kemarin.
Terpisah, Anggota Komisi II DPRD Kaltim H Bachrid Buseng menegaskan perusahaan perkebunan sawit sebelum membuka usahanya punya komitmen akan memberikan plasma kepada masyarakat seluas 20 persen dari luasan lahan dimiliki perusahaan. Karena itu, kedatangan petani Bakuda asal Kecamatan Kaubun Kabupaten Kutai Timur pasti akan diterima Komisi II.
Seperti diberitakan, ratusan warga tergabung dalam kelompok tani Bakuda terpaksa menduduki lahan milik mereka seluas 400 hektare, karena PT Fairco Agro Mandiri yang mempunyai hak guna usaha (HGU) perkebunan sawit sejak 2007 hingga sekarang tak memenuhi kewajibannya memberikan lahan plasmanya kepada kelompok Tani Bakuda. Padahal perusahaan sudah berapa kali melakukan panen, namun pemberian plasma yang pernah dijanjikan perusahaan tak juga pernah direalisasikan.
Oleh karena itu Ketua Kelompok Tani Bakuda Hadili bersama ratusan petani lainnya menduduki lahan mereka untuk diambil alih agar perusahaan mau memberikan ganti rugi. Ironisnya meski lahan tersebut sudah diduduki, namun PT Fairco Agro Mandiri tak juga mau merespon tuntutan warga. Buntut dari pengingkaran tersebut, rencananya pada 21 atau 22 Februari, Hadili akan menemui Komisi I dan II DPRD Kaltim untuk memfasilitasi penyelesaian ganti rugi lahan. (sua)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s