Ketua DPRD Panen Raya di Kaubun

Kutipan Kaltimpost,Rabu, 18 April 2012

SANGATTA – Setidaknya 116 hektare padi akan dipanen hari ini (18/4). Selain perwakilan Dinas Pertanian dan Peternakan, Ketua DPRD Kutim dan Sekretaris Dewan Sekwan akan menghadiri panen raya di Desa Cipta Graha, Kecamatan Kaubun ini.
“Ketua (Alfian Aswad, Red.) akan menghadiri panen raya di Desa Cipta Graha,” ujar Sekretaris DPRD Kutim Irawansyah. Walau acara dihelat pukul 10.00 Wita, tapi rombongan akan berangkat pukul 6.00 Wita. “Waktu tempuh ke Kecamatan Kaubun sekitar 3 jam. Jadi besok (hari ini, Red) rombongan akan berangkat pagi sekali,” tutur Sekwan.
Terpisah, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Robert Liem membenarkan rencana panen raya di Desa Cipta Graha, Kecamatan Kaubun. “Selain syukuran, memang ada panen raya di Desa Cipta Graha. Sekitar 116 hektare padi akan dipanen,” tutur Robert.
Robert menegaskan, saat ini di Kutim luas areal persawahan yang sudah dikelola lebih dari 3.000 hektare dan rata-rata produksi padi mencapai 4,5 ton per hektare. Walau begitu dia tidakmemungkiri hasil produksi tersebut belum memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat Kutim. “Untuk memenuhi kebutuhan beras, sebagian masih didatangkan dari luar Kutim,” jelas Robert.
Ttahun ini selain lahan yang sudah dikelola kelompok tapi, pihaknya akan membuka 1.000 hektare lawan sawah baru yang anggarannya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sebanyak 31 kelompok tani telah terdaftar sebagai penerima bansos ini.
Setiap kelompok tani akan menerima Rp 10 juta per hektare. Dana ini meliputi penyiapan lahan, jalur irigasi, pembelian benih dan pupuk.
“Untuk cetak sawah, sesuai dengan pedoman teknis tiap kelompok tani minimal mempunyai 5 hektare lahan sawah, dan tidak terbatas luasnya,” tutur Robert.
Pencairan dana bansos tersebut melalui 3 tahap. Tahap pertama sebesar 40 persen setelah administrasi kelompok tani lengkap. Pencairan tahap 2 sebesar 30 persen dan boleh dicairkan setelah ada pertanggungjawaban dari kelompok tani berupa SPJ. “Setiap pencairan dana harus ada persetujuan dari pejabat pembuat komitmen atau kuasa pembuat anggaran,” jelas Robert. (*/and/adv/ms)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s