OSIS SMA Negeri 1 Kaubun adakan LDK

Berjalan maupun tidaknya organisasi apapun tergantung dari kualitas kepemimpinan yang ada di organisasi tersebut. Banyak cara yang dilakukan untuk memperoleh keterampilan kepemimpinan, misalnya saja melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan. Sebagaimana yang dilakukan oleh OSIS SMA Negeri 1 Kaubun beberapa waktu yang lalu misalnya yang untuk pertama kalinya telah mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan bagi siswa SMA dan SMP se Kecamatan Kaubun. Kegiatan tersebut diikuti sedikitnya 36 orang siswa dari berbagai sekolah SMP dan SMA di Kecamatan Kaubun.
Kegiatan yang mengambil tema “Transformasi Nilai Intelektual dan Spiritual, Ikhtiar menggagas pemimpin yang cerdas,inovatif, amanah dan bertanggungjawab” tersebut dilaksanakan selama 2 (dua) hari tepatnya tanggal 31 Maret -1 April 2012 bertempat di aula SMA Negeri 1 Kaubun. Selain para siswa, pembukaan kegiatan tersebut juga dihadiri unsur Muspika, Kepala Desa dan pimpinan perusahaan yang beroperasi di Kecamatan Kaubun. Kegiatan tersebut dibuka oleh Camat Kaubun yang diwakili oleh Suprapto. Dalam sambutannya , Suprapto menjelaskan pentingnya peran pemimpin yang baik dan berkarakter dalam menjalankan roda organisasi. “Mestinya pemimpin juga harus punya mimpi, visi dan misi serta strategi mau dibawa kemana organisasi nya. Jadi apa bila seorang pemimpin saja tidak tahu arah dan tujuan organisasinya, bagaimana dengan pengurus organisasi yang lainnya. Namun yang patut diingat adalah visi dan misi seorang pemimpin juga haruslah realistis dan tidak mengada-ada. “ kata Suprapto,SSTP yang menjabat selaku Kasi PMD Kantor Camat Kaubun. Suprapto juga menjelaskan seorang pengurus OSIS harusnya juga menjadi contoh buat teman-temannya yang lain.
Menurut Tasrif, pembina OSIS,S.Pd, mengatakan bahwa kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan. Latar belakangnya tidak lain karena kondisi kepemimpinan bangsa akhir-akhir ini yang sangat memprihatinkan. “misalnya saja banyak pejabat-pejabat negara yang harusnya menjadi pelayan masyarakat namun masih berbuat yang tidak pantas seperti korupsi, kolusi dan nepotisme, lebih mementingkan kepentingan pribadi dan kelompoknya dari pada kepentingan masyarakat. Sehingga diharapkan dengan kegiatan ini siswa yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa di masa depan tidak mencontoh tipe pemimpin seperti ini. “ kata Tasrif yang juga guru pelajaran. Tujuan lain dari terselenggaranya kegiatan ini adalah
melatih dan membekalis siswa-siswi dengan pengetahuan tentang kepemimpinan dan organisasi yang dapat bermanfaat pada saat dipercaya menjadi pengurus kelas maupun OSIS. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut diisi dengan berbagai materi diantaranya yang meliputi Manajemen Kepemimpinan dan Organisasi, Prinsip Kepemimpinan dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s