Pengurus Koperasi Kaubun peroleh Pembekalan RAT, berharap peran Koperasi semakin maksimal

Koperasi sebagai soko guru perekonomian bangsa, peran koperasi sangat diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para anggotanya. Untuk itu peran Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebagai upaya evaluasi terhadap kinerja dan peningkatan partisipasi anggota dalam kegiatan usaha koperasi mutlakdiperlukan. Untuk itulah pada 31 Januari 2012 yang lalu bertempat di Aula Kantor Camat Kaubun diadakan kegiatan pembekalan manajemen RAT yang diikuti oleh seluruh pengurus Koperasi se Kecamatan Kaubun.
Kegiatan yang dibuka oleh Camat Kaubun, Rizali Hadi, diikuti oleh 21 orang peserta dari berbagai Koperasi yang ada di Kecamatan Kaubun, mulai dari Koperasi yang bermitra dengan perusahaan (koperasi mitra plasma) hingga Koperasi Serba Usaha yang masih aktif melaksanakan kegiatannya. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kantor Camat Kaubun tersebut bertujuan untuk menata tatacara Rapat Anggota Tahunan yang baik mengingat dari 28 Koperasi se Kecamatan Kaubun yang terdaftar dan berbadan hukum di Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kutai Timur, hanya sebagian kecil saja yang masih mampu melaksanakan RAT.
Dalam sambutannya Camat Kaubun, Rizali Hadi, menyatakan apresiasi atas terselenggarannya kegiatan ini mengingat pembinaan terhadap Koperasi masih terbatas dari Dinas instansi terkait,Camat Kaubun pun menyatakan harapannya agar permasalahan yang terjadi Koperasi dapat diantisipasi dan diselesaikan dengan baik mengingat hal tersebut dapat mengganggu kinerja koperasi. “ Koperasi harus mampu bekerja mengingat potensi usaha yang ada di Kecamatan Kaubun masih terbuka lebar, jadi tidak hanya terpaku pada usaha perkebunan plasma kelapa sawit saja namun juga usaha-usaha lain seperti usaha pengangkutan, jasa katering, pengadaan sembako dan usaha lainnya terlebih lagi di Kaubun telah masuk beberapa perusahaan sawit dan batubara yang tentunya dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan peluang usaha sehingga tujuan awal pendirian koperasi yakni mensejahterahkan anggotanya dapat tercapai”kata Camat Kaubun dalam sambutannya didampingi Sekcam Kaubun,Suria Atmaja. Selain itu pengurus koperasi juga harus mempunyai kesamaan persepsi tentang perkoperasiandan meningkatkan administrasi koperasi sesuai amanat UU Nomor 25 Tahun 1992 tentang Koperasi serta bisa lebih memahi tupoksi sebagai pengurus . “Pengurus Koperasi juga harus proaktif untk menyelesaikan persoalan yang terjadi di Koperasi yang bermitra dengan perusahaan sesuai dengan kesepakatan yang telah ditetapkan” harap Camat Kaubun diakhir sambutannya.
Kegiatan yang hanya dilaksanakan 1 hari ini diisi dengan berbagai materi seperti Tata cara RAT ( Rapat Akhir Tahun ), Pola / cara membuat laporan RAT ( Neraca, PHU,Laporan Keuangan ) dan Tata Kelola Usaha Koperasi yang disampaikan oleh Kader Koperasi Kecamatan Kaubun secara bergantian yakni Kadek Suwastika dan Bayu Puntoro. Diharapkan dengan kegiatan ini, pengurus Koperasi dapat menyusun laporan pertanggungjawaban dan laporan keuangan RAT yang merupakan bagian penting dari pelaksanaan RAT ini.

Camat Kaubun,Rizali Hadi,S.IP memberikan sambutan pada pelaksanaan pembekalan manajemen RAT bagi Koperasi se Kecamatan Kaubun
Suasana pembekalan manajemen RAT bagi Koperasi se Kecamatan Kaubun
Para peserta sedang menyimak pemberian materi yang disampaikan oleh Kader Koperasi Kecamatan Kaubun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s