Hasil Monitoring dan survei pelaksanaan ADD tahap 1 tahun 2011

Beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 24 November 2011 hingga 1 Desember 2011,Pemerintah Kecamatan Kaubun melalui Tim Verifikasi ADD tingkat Kecamatan melakukan kunjungan dan monitoring pelaksanaan ADD ditiap Desa yang ada di Kecamatan Kaubun,pada tanggal 24 November 2011,tim yang beranggotakan Suprapto,F Iwan Setiawan, Junaidi,Ahmad Aby Musa dan Johanes Baba melakukan survei monitoring dan verifikasi ADD Tahap 1 Desa Cipta Graha, berikut adalah hasil laporannya
1. Pelaksanaan kegiatan monitoring pelaksanaan ADD (Alokasi Dana Desa) Tahap 1 dimulai pada jam 09.00 Wita dengan mendatangi Kantor Kepala Desa Cipta Graha.Tim melakukan koordinasi dengan Pemerintah Desa setempat kemudian membagi tim menjadi 2 kelompok untuk memonitor pelaksanaan ADD tahap 1 tahun 2011. Jumlah ADD tahap 1 (40%) yang diterima adalah sebesar Rp 158.400.000,- (Seratus Lima Puluh Delapan Juta Empat Ratus Ribu Rupiah).
2. Surat Pertanggungjawaban (SPJ) ADD tahap I Tahun 2011 telah diperiksa oleh Tim Verifikasi ADD Kecamatan Kaubun. Beberapa SPJ Bantuan Sosial dan Bantuan Keuangan belum dilengkapi dengan proposal permohonan dan Foto dan Dokumentasi Kegiatan penerima bantuan ADD tahun 2011.
3. Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap Buku Kas Umum (BKU) serta bukti kwitansi dan kelengkapan SPJ didapati ada beberapa pengeluaran belanja yang belum dipungut pajaknya (PPN dan PPh22) sebagaimana ketentuan perpajakan yang berlaku yaitu :
a. Belanja Cetak Pemerintah Desa sejumlah Rp 3.050.000,-
b. Belanja Makan dan Minum Rapat BPD sejumlah Rp 7.500.000,-
c. Belanja ATK BPD sejumlah Rp 2.500.000,-
diminta kepada Bendahara Desa untuk segera memungut dan membayarkan pajak tersebut ke
kas negara.
4. Kelengkapan pembukuan seperti Buku Bank, Buku Pajak, Buku Kas Harian, Buku Pembantu Perincian Per Objek Pengeluaran belum ada.
5. Bahwa bantuan belanja tidak langsung dari aparat Desa kepada BPD Cipta Graha sebesar Rp.10.000.000,. telah tersalurkan dan kegunaannya untuk biaya Rapat-rapat RT diantaranya: Rapat tentang keluhan tenaga kerja Plasma Sawit (06 September 2011), Sosialisasi ADD T.A 2011 dan sosialisasi perbaikan irigasi Desa.
6. Dari belanja langsung pengadaan papan struktur organisasi Desa telah direalisasikan sebanyak 10 unit (PKK, LPM, Karang Taruna, Kepala Dusun, struktur aparat Desa, BPD, Lembaga Adat)
7. Untuk bantuan operasional keseluruh RT (10 RT) telah direalisasikan oleh pihak Desa Rp. 250.000 kemasing-masing RT. Adapun penggunaannya pada umumnya untuk pemeliharaan jalan, kebersihan lingkungan RT.
8. Untuk bantuan operasional Kepala Dusun telah direalisasikan oleh Pemerintah Desa, dalam penggunaannya menurut Kepala Dusun menunggu permintaan dari RT yang membutuhkan.
9. Dana bantuan operasional PKK, menurut keterangan Ketua PKK dibagikan kepada 4 pokja masing-masing Rp. 2.500.000,- untuk kegiatan operasional masing-masing.
Secara umum pelaksanaan kegiatan ADD tahun 2011 tahap I telah sesuai dengan DPA dan AKB yang telah ditetapkan bersama dengan Badan Permusyawaratan Desa dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s