PRESS RELEASE KALTIMPOST Kantor Camat Kaubun adakan Bimtek Administrasi Desa

Dalam rangka upaya peningkatan kualitas SDM perangkat desa yang ada di Kecamatan Kaubun, maka pada hari Selasa tanggal 14 Juni 2011 bertempat di Aula Kantor Camat Kaubun telah dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis bagi Perangkat Desa se Kecamatan Kaubun. Kegiatan yang diikuti 18 orang peserta diikuti oleh Sekretaris Desa, Kaur Pemerintahan, Kaur Pembangunan, Kaur Umum, Bendaharawan Desa dan Kaur Kesra dari 5 Desa yaitu Desa Bumi Etam, Desa Bumi Rapak, Desa Bumi Jaya, Desa Cipta Graha dan Desa Pengadan Baru.
Kegiatan yang dilaksanakan secara swadaya merupakan kelanjutan kegiatan pembinaan kepada Pemerintahan Desa yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh pihak Kantor Camat Kaubun. Dalam sambutannya, Camat Kaubun , Rizali Hadi menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan bimbingan teknis seperti ini, hal ini tidak terlepas dari lemahnya kemampuan aparatur desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. “ Dengan pembekalan teknis seperti ini, diharapkan setiap perangkat desa mengetahui tugas pokok dan fungsinya serta mengerti cara untuk mengisi buku Administrasi Desa sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Permendagri Nomor 32 tahun 2006 tentang Administrasi Desa” kata Camat Kaubun yang sambutannya dibacakan oleh Sekretaris Camat, Suria Atmaja.
Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelaksana, Suprapto menyatakan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi masih lemahnya kemampuan perangkat desa dalam mengisi buku-buku administrasi termasuk juga adanya permintaan dari beberapa Kepala Desa untuk memberikan pembekalan bagi perangkatnya. “ setelah kami lakukan kegiatan monitoring ADD Tahun anggaran 2010 yang lalu, banyak kami temukan buku-buku Administrasi yang telah dibeli oleh Pemerintah Desa namun setelah kami cek bukunya ternyata isinya tidak ada. Setelah kami tanya mereka beralasan tidak tahu cara mengisinya” kata Suprapto S.STP diakhir kegiatan. Menurutnya tidak mampunya perangkat desa mengisi buku-buku itu karena sebelumnya tidak pernah dilakukan penyuluhan cara mengisi buku tersebut oleh instansi terkait. Disampaikan juga bahwa kegiatan ini murni dilakukan secara swadaya mengandalkan partisipasi dari setiap desa dengan biaya Rp 150.000/ orang peserta karena dari Kantor Camat Kaubun tidak disediakan anggaran kegiatan Bimtek seperti ini.
Dalam kegiatan tersebut,materi yang disampaikan kepada peserta meliputi materi Penyampaian Tugas Pokok dan Fungsi Perangkat Desa yang disampaikan oleh Suria Atmaja,S.Sos sedangkan materi kedua mengenai Tata Laksana Administrasi Desa sesuai Permendagri 32 tahun 2006 yang disampaikan oleh Suprapto,SSTP dan sesi acara terakhir setiap peserta diberikan tugas untuk mempraktekkan sendiri cara mengisi buku-buku Administrasi sesuai dengan Tupoksi mereka sebagai perangkat desa yang hasilnya dievaluasi bersama dan dibahas pada akhir acara. Salah satu peserta , Amalin,Kaur Umum Desa Bumi Jaya juga berharap agar kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan lagi. “Harapan kami 2-3 bulan kedepan ketika dana ADD sudah cair kami berharap dapat dilaksanakan kegiatan seperti ini lagi sehingga kami mengetahui mana yang sudah benar dan yang belum kami kerjakan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s