Syukuran Panen Padi di Cipta Graha Kecamatan Kaubun

Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, masyarakat Desa Cipta Graha yang sebagian besar berprofesi sebagai petani untuk pertama kalinya menyelenggarakan acara syukuran panen padi tahun tanam 2010-2011 pada tanggal 28 April 2011. Kegiatan yang dilaksanakan di areal persawahan milik warga ini dirangkai dengan peresmian jembatan kertak ulin yang dibangun dari kegiatan PNPM-MD tahun 2010 dimana Desa Cipta Graha telah membangun jalan usaha tani sepanjang 2 Km tahun sebelumnya.
Menurut Ngadiyo, Ketua Pelaksana kegiatan ini dilaksanakan secara swadaya dengan sumbangan dana berbagai perusahaan, masyarakat termasuk Pemerintah Desa Cipta Graha dan Dinas Pertanian dan Perternakan Kabupaten Kutai Timur. “Kegiatan ini sempat tertunda selama 2 tahun dan alhamdulillah baru tahun ini bisa terlaksana” Kata Ngadiyo, Ketua Kelompok Tani Nuri, Desa Cipta Graha. Noor Ipansyah selaku Kepala Desa Cipta Graha mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini. Noor Ipansyah pun berharap agar Desa Cipta Graha bisa menjadi salah satu Desa lumbung pangan di Kabupaten Kutai Timur karena menurutnya ada sekitar 1000 ha lahan potensial persawahan dari 229 ha lahan yang telah menjadi lahan pertanian. “Yang menjadi kendala kami adalah terbatasnya jumlah handtraktor, tahun lalu kami telah mendapat bantuan dari Dinas Pertanian dan Peternakan 2 unit dan dari ADD (Alokasi Dana Desa) juga 2 unit, tapi jumlah tersebut belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat petani kami sehingga menyebabkan musim tanam tidak dapat kami lakukan secara serentak” . Noor Ipansyah pun mengucapkan terima kasih kepada PNPM-MD yang telah membantu pembuatan jalan kertak ulin disekitar persawahan sehingga memudahkan petani untuk mengangkut hasil panennya.
Dalam sambutan terpisah, Camat Kaubun, Rizali Hadi menyatakan bangga atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya kegiatan ini merupakan salah satu perwujudan syukur masyarakat atas panen padi yang telah masyarakat capai beberapa tahun ini. “ Kami berharap agar masyarakat sungguh-sungguh memanfaatkan potensi pertanian di Desa Cipta Graha. Dengan telah dibangunnya bendungan Cipta Graha pada tahun 2003, serta potensi lahan persawahan yang ada saat ini. Maka tidak ada alasan bagi masyarakat untuk melepas lahan mereka untuk kepentingan lain diluar pertanian”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s