Rancangan Rencana Kerja dan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja KSU Abdi Praja Kecamatan Kaubun

RANCANGAN RENCANA KERJA
DAN
RANCANGAN ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA
KOPERASI ABDI PRAJA KECAMATAN KAUBUN
TAHUN BUKU 2011

I. PENDAHULUAN
Prediksi pada tahun buku 2011 yang akan kita lalui, kita dihadapkan kepada kondisi ekonomi secara nasional mengalami keterpurukan, terutama dalam menyikapi kebijakan pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan, kebijakan pembatasan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang tentunya diikuti oleh kenaikan sektor-sektor lain terutama sembilan bahan pokok (SEMBAKO), kondisi moneter yang kurang stabil. Hal tersebut sedikit banyaknya akan sangat mempengaruhi terhadap perjalanan operasional Koperasi Abdi Praja Kecamatan Kaubun.

Hanya sifat keyakinan terhadap diri sendirilah yang akan menguatkan tekad kita bahwa apapun yang terjadi akan kita hadapi bersama. Oleh sebab itu sipat persatuan dan kegotong royongan adalah mutlak diperlukan untuk memacu usaha Koperasi Abdi Praja Kecamatan Kaubun pada tahun-tahun mendatang.

Mengingat akan hal tersebut, kita akan mengupayakan agar potensi usaha yang kita miliki dioptimalkan dalam pengoperasiannya, sehingga laju pertumbuhan usaha koperasi dapat dicapai dengan tekad dan kerja keras.

II. BIDANG USAHA, MANAGEMEN DAN ADMINISTRASI

1. Memantapkan kelembagaan dan penerapan aturan-aturan yang telah disepakati, sambil mengoreksi aturan-aturan yang telah jadi, sehingga relepansi atas penerapannya dan pelaksanaanya tidak berbenturan dengan ketentuan- ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

2. Untuk personil yang saat ini ada akan terus dibina dan dididik agar menjadi Sumberdaya Manusia (SDM) yang disiplin, cerdas, berkemampuan tinggi dan propesional.

3. Apabila memungkinkan, Koperasi Abdi Praja Kecamatan Kaubun akan menambah personil baik
Pengurus, Staff dan karyawan lapangan, agar dalam menggali potensi yang dimiliki dapat secara optimal. Tentunya rekrutmen akan lebih selektif dengan prosedur dan mekanisme yang benar-benar propesional.

4. Prosedur dan mekanisme kerja menerapkan system standard pelaksanaan operasional baku yang benar-benar prosedural dan propesional. Hal ini dianggarkan agar tahapan-demi tahapan dapat tercapai sesuai dengan target yang ditentukan.
5. Pasilitas Inventaris dan Infra Struktur secara bertahap diperbaharui, untuk kemudahan dan kenyamanan kerja dan pelayanan terhadap anggota dan masyarakat konsumen. Tahap awal dengan merenovasi pasilitas yang dimiliki, serta memaksimalkan pungsi ruang yang tersedia.

6. Teknologi informasi yang berhubungan dengan keadministrasian dan pelayanan (Komputerisasi, Telekomunikasi, scurity system) akan secara bertahap diperkenalkan, sehingga kecepatan proses data yang selama ini menjadi hambatan operasional akan terrealisasi.

7. Metode dalam sosialisasi program terhadap anggota ( Pendidikan, Informasi,penyuluhan, dan even ) akan dikaji, agar dalam pelaksanaannya benar-benar efektif dan efisien, sehingga anggota dalam menerima informasi program Koperasi Abdi Praja Kecamatan Kaubun benar-benar mengerti dan memahami.

8. Sistem pembinaan kadernisasi akan secara bertahap diterapkan, dimana anggota yang memiliki potensi SDM yang memadai akan dilibatkan dalam program-program pendidikan diantaranya diikut sertakan dalam peogram pendidikan dari pemerintah dan dewan.

9. Membuka ruang komunikasi yang lebih luas antara pengurus dengan anggota, anggota dengan anggota, dan dengan pihak-pihak terkait, sehingga jalinan keterbukaan, kebersamaan dan koordinasi dapat tercapai dengan baik. Disamping itu potensi aspirasi yang dimiliki oleh anggota benar-benar tersalurkan sehingga budaya demokrasi dalam Koperasi tertanam di Koperasi Abdi Praja Kecamatan Kaubun.

10. Membina, memelihara dan mendukung potensi Hobi anggota yang diantaranya: Olahraga, Kesenian, Keterampilan, dan hobi-hobi lain yang bersipat positip untuk mengisi ruang waktu senggang.

11. Upaya memantafkan segala sector yang telah berjalan, serta menggali potensi yang dimiliki secara bertahap sesuai kemampuan adalah prinsif kerja pengurus di tahun buku 2011.

Kantor Koperasi Abdi Praja yang berlokasi di samping Kantor Camat Kaubun

III. SUMBER DANA
Penggalian sumber dana (modal) dalam tahun 2011 bersumber dari potensi :

1. Kredit PERBANKAN / Koperasi lain.
2. Kerjasama kemitraan dengan BUMDEs/Pihak ketiga.
3. Hibah atau bantuan pemerintah dan pihak lain
4. Modal sendiri berupa simpanan anggota dan simpanan umum
5. Pemanfaatan dana cadangan dari usaha yang sedang berjalan.

IV. UNIT USAHA

1. Dalam tahun buku 2011, Koperasi Abdi Praja Kecamatan Kaubun belum berencana membuka unit
usaha baru, hal ini dimaksudkan agar unit usaha yang telah ada dapat disempurnakan secara totalitas, sehingga kelemahan-kelemahan dari unit usaha yang telah ada akan distabilkan untuk kemantapan dan kesempurnaan usaha koperasi, sehingga selanjutnya hal ini akan dijadikan tolak ukur dalam pengembangan usaha selanjutnya.
2. Untuk Unit Niaga, Koperasi Abdi Praja Kecamatan Kaubun akan memantapkan bidang pelayanan
dan penyediaan barang serta penyempurnaan prosedural dan mekanisme pelayanan terhadap anggota dan umum, sehingga unit ini benar-benar menjadi kontribusi unggulan terhadap usaha Koperasi.

V. SOSIAL
1. Bidang Sosial dirasakan cukup stabil, dan dimungkinkan dilakukan upaya-upaya pemantapan dan pengutamaan bagi anggota Koperasi Abdi Praja Kecamatan Kaubun sendiri. Untuk upaya keluar bisa dimungkinkan apabila keadaan yang memungkinkan.

2. Anggota Suami atau istri anggota dan anak anggota yang aktif di berikan dana kematian:
Anggota Rp 500,000.-
Isteri atau suami dan anak anggota Rp 250,000.-

3. Anggota Suami atau istri anggota dan anak anggota yang aktif di berikan dana perawatan
rumah sakit (Opname) apabila rawat inap lebih dari 3 hari dan diberikan dalam
satu kali periode perawatan sebagai berikut :
Anggota Rp 150.000,-
Isteri atau suami dan anak anggota Rp 100.000,-

VI. ANGGAARAN PENDAPATAN DAN BELANJA
Berdasarkan analisa anggran dan pendapatan belanja sebelumnya yaitu tahun buku 2010,ditambah rasio pengikatan usaha dan modal serta kemungkinan – kemungkinan lain. Selanjutnya direlisasikan dalam bentuk anggaran, maka didapat perkiraan anggaran dan pendapatan untuk tahun 2011 yang terurai sebagai berikut:

VII. LAIN – LAIN

1. Dalam upaya menggairahkan dan memacu Partisifasi anggota dan konsumen, Koperasi menyelenggarakan even-even Olahraga, hiburan dan undian, yang akan bekerjasama dengan sponsor dan donatur serta Mitra usaha.

2. Bagi anggota yang dalam partisipasinya terhadap koperasi memiliki prestasi diatas rata-rata, baik pada bidang-bidang lain yang menyangkut keteladanan sehingga anggota lain dapat mencontoh dan membangkitkan Partisifasi positip terhadap koperasi, maka kepada mereka diberikan penghargaan dan hadiah yang besarnya ditentukan kemudian dalam kesempatan khusus dihadapan umum.

VIII. PENUTUP

Demikian Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Koperasi Koperasi Abdi Praja Kecamatan Kaubun yang akan kita hadapi pada Tahun 2011 ini, semoga saja target kerja dan perjalanan operasional sesuai dengan harapan yang cita-citakan. Tentunya semua itu menuntut keseriusan dalam pelaksanaannya, terutama jalinan kerjasama dan koordinasi yang baik yang dapat menjembatanai antara aspirasi dengan realisasi yang relistis, obyektif penuh tangung jawab.

Tanpa kesunguhan dan kemauan serta dukungan partisipasi dari Steck Holder yang kita miliki mana mungkin rencana yang baik ini dapat terwujud.

Semoga saja kita semua diberikan kekuatan untuk melakukan tugas mulia ini membangun sebuah cita-cita luhur, merubah keadaan menjadi lebih baik dan sejahtera untuk semua dengan dimulai dari itikad diri kita sendiri.

Wasalammu’alaikum Wr Wb

Kaubun, Januari 2011

Pengurus Koperasi Serba Usaha Abdi Praja
kecamatan Kaubun

K e t u a Sekretaris Bendahara

SUPRAPTO AYATMAN YACOLINA B.SONDONG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s