Penyerahan Dokumen PTP KIBBLA di Kecamatan Kaubun dari Puskesmas Kaubun ke Tim Advokasi

Dalam rangka mendukung program KIBBLA (Kesehatan Ibu, Bayi baru Lahir dan Anak) di Kabupaten Kutai Timur, PUSKESMAS Kaubun telah mengadakan kegiatan penyerahan dokumen perencanaan Tingkat Puskesmas kepada tim Advokasi tingkat Kecamatan dan pembuatan dokumen Advokasi KIBBLA pada hari Rabu tanggal 23 Februari 2011 bertempat diaula Puskesmas Kaubun. Kegiatan yang yang bertajuk MCHIP (Maternal and Child Health Integrated Program) merupakan bagian dari program dukungan USAID yang difokuskan pada kegiatan bantuan teknis untuk peningkatan kesehatan ibu, bayi baru lahir dan anak balita. Kegiatan tersebut sudah diselenggarakan di 3 Kabupaten kerjasama di Provinsi Kabupaten Bireun Provinsi Aceh, Kabupaten Kutai Timur di Provinsi Kalimantan Timur dan di Kabupaten Serang Provinsi Banten.
dr. Yusuf selaku pimpinan Puskesmas Kaubun menyatakan bahwa program ini telah mulai beberapa tahapan diantaranya pramusrenbangdes yang dilaksanakan di 8 (Delapan) Desa yang ada di Kecamatan Kaubun untuk penyusunan RUK (Rencana Usulan Kegiatan) serta penyusunan draft dokumen PTP (Perencanaan Tingkat Puskesmas ) yang dilaksanakan di Bontang pada tanggal 17-21 februari yang lalu. Diharapkan melalui kegiatan ini dihasilkan dokumen perencanaan yang bisa diusulkan dalam Musrenbang Tingkat Kecamatan sehingga dapat ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah khususnya stakeholder terkait.
Camat Kaubun, Rizali Hadi,S.IP dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasi PMD,Suprapto, SSTP, menyambut baik program seperti ini dengan harapan kualitas kesehatan masyarakat kaubun dapat meningkat, karena tidak dapat dipungkiri bahwa sarana dan prasarana kesehatan yang ada di beberapa desa masih minim misalnya perlunya rehab bangunan Pustu yang ada di Desa Bukit Permata dan Bumi Rapak. Beliau juga mengharapkan agar kegiatan perencanaan tidak berhenti sampai disini namun dengan dukungan dari fasilitator MCHIP tingkat Kabupaten Kutai Timur diharapkan bisa mengawal usulan program kegiatan hingga ditingkat anggota dewan sehingga apa yang dihasilkan melalui kegiatan seperti ini dan Musrenbang Kecamatan tidak sia-sia.
Dalam kesempatan itu pula, kegiatan dirangkai dengan penyerahan dokumen PTP dari Pimpinan Puskesmas Kaubun kepada Ketua Tim Advokasi sekaligus Kasi PMD Kecamatan Kaubun, Suprapto serta pengguntingan pita sebagai tanda peresmian fasilitas rawat inap Puskesmas Kaubun yang berkapasitas 3 kamar tidur ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s