Gaji SP2AB tahun 2011 akan dibayar

Kaltimpost…Minggu, 16 Januari 2011 , 07:01:00

SANGATTA – Gaji Sarjana Pertanian Penggerak Agribisnis (SP2AB) yang bertugas di 135 desa se-Kabupaten Kutai Timur (Kutim) sekira Rp 1,2 juta per bulan. Gaji 135 tenaga SP2AB ini dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Meskipun keberadaan SP2AB itu masih dinilai kalangan tertentu belum maksimal melaksanakan tugas di lapangan, namun mereka terus digaji.
Anggota Komisi III DPRD Kutim Syarifuddin Ham mengatakan, tenaga SP2AB dipekerjakan Pemkab Kutim. Jadi dana APBD Kutim yang digelontorkan untuk gaji SP2AB untuk 135 orang senilai Rp 162 juta per bulan. Berarti Pemkab membayar gaji SP2AB tiap tahun Rp 1.944.000.000 atau sekira Rp 1,9 miliar.
Tenaga SP2AB yang ditugaskan di 135 desa adalah sebagai upaya Pemkab Kutim mempercepat pencapaian pelaksanaan program Gerakan Daerah Pengembangan Agribisnis (Gerdabangagri). Karena itu katanya, perlu terus meningkatkan kinerja demi memajukan pembangunan pedesaan.
“Pada saat reses, kami banyak terima laporan dari masyarakat mengenai keberadaan tenaga SP2AB yang ditugaskan di tiap desa. Tenaga SP2AB itu menurut laporan masyarakat yang kami terima, tidak maksimal melaksanakan tugas di lapangan. Bahkan laporan kinerja tenaga SP2AB itu, yang membuatnya adalah dinas terkait. Jadi keberadaan tenaga SP2AB perlu dikaji kembali,” kata Syarifuddin Ham dalam rapat yang dilangsungkan di ruang panel Sekretariat dewan, beberapa waktu lalu. (kmf2)

Hingga saat ini, berdasarkan laporan dari Sekretaris BPP Kaubun, Yuliandi,SP menyatakan hanya 3 (tiga) orang SP2AB yang sampai sekarang masih betah melaksanakan tugasnya di Kaubun, yakni Lilis Mandasari,A.Md di Desa Bumi Rapak, I Gusti Kompyang Inderawan, S.P di Desa Cipta Graha dan Asmur Purwansyah,A.Md di Desa Bumi Etam,banyak dari SP2AB yang saat ini meninggalkan tempat tugas mereka dengan alasan tidak adanya kejelasan gaji mereka pada saa beberapa tahun yang lalu selain itu alasan lokasi yang sangat terpencil menyebabkan seorang petugas SP2AB meninggalkan lokasi kerja mereka. (pra15.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s