Jumlah Pelayanan Publik di Kantor Camat Kaubun

Sesuai dengan SK Bupati Kutai Timur 113/02.188.45/HK/IV/2004 terdiri dari 5 seksi ;

1.Seksi Pemerintahan
2.Seksi PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa)
3.Seksi Kesra (Kesejahteraan Rakyat)
4.Seksi Ketentraman dan Ketertiban
5.Seksi PU (Pelayanan Umum)

Staf kantor camat saat ini terdiri dari

1.PNS  :  10 Orang
2.TK2D  :    9 Orang termasuk Satpol PP sejak 2006
3.Honorer  :  5 Orang (sejak 2009)

Jabatan struktural yang terisi : Camat, Sekcam, Kasi PMD

Kosongnya sejumlah pejabat mempengaruhi pelayanan publik yang telah dilaksanakan.

Dasar Hukum
PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN KAUBUN

  1. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian
  2. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara;
  3. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan;
  4. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah;
  5. Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah;
  6. Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 1988 tentang Koordinasi Kegiatan Instansi Vertikal  di Daerah;
  7. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  8. Peraturan Pemerintah Nomor 65 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyusunan Dan Penerapan Standar Pelayanan Minimal;
  9. Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang organisasi Perangkat Daerah;
  10. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2008 tentang Kecamatan;
  11. Instruksi Presiden RI Nomor 7  Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah;
  12. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 04 tahun 2010 tentang Pelayanan Administrasi Terpadu  Kecamatan
  13. Peraturan Daerah Kabupaten Kutai  Timur Nomor 12 Tahun 2005 tentang Pembentukan Kecamatan Kaubun

14. Keputusan Bupati Kutai Timur Nomor : 113/02.188.45/HK/IV/2004 tentang Struktur Organisasi Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Kutai Timur.

Peningkatan partisipasi publik dalam pelayanan dikantor camat kaubun juga diwujudkan dalam bentuk

  • Pembuatan layanan Blog di Internet untuk mempublikasikan tentang potensi dan pelayanan yang dapat diketahui oleh seluruh masyarakat, tidak hanya di Kabupaten Kutai Timur, namun juga diseluruh Indonesia maupun dunia. Blog dengan alamat : www.kecamatankaubun.wordpress.com juga memberikan informasi berita-berita terbaru yang berkaitan dengan Kecamatan Kaubun. Blog yang mulai dibuat sejak tanggal 2 Agustus 2010 tidak hanya memuat gambaran tentang Kecamatan Kaubun, namun juga foto-foto kegiatan yang pernah dilaksanakan di Kecamatan Kaubun.
  • Karena letak Kecamatan Kaubun yang sangat jauh dari ibukota Kabupaten (200an km) serta jarak antar desa yang terpencil dimana dalam mobilitasnya tergantung cuaca, maka untuk memudahkan pengiriman data saat ini Kantor Camat Kaubun telah memiliki layanan email : kantor_camat_kaubun@yahoo.com sebagai salah satu sarana untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan stakeholder. Untuk itu pada tanggal 19-21 Oktober 2010 yang lalu telah dilaksanakan pelatihan Komputer dan Internet. Dan saat ini layanan email ini telah diaktifkan dan tercatat beberapa Desa dan Kantor Instansi telah memiliki layanan email serupa.
Daftar alamat blog, komunitas dan email dilingkungan Kecamatan Kaubun adalah sebagai berikut :

1.Blog Kecamatan   : www.kecamatankaubun.wordpress.com

2. Facebook id  : Kecamatan Kaubun

3. Email Kantor Camat   : kantor_camat_kaubun@yahoo.com

4. Email Desa Bumi Etam  : bumi-etam@yahoo.co.id

5. UPT Pendidikan Kaubun  : riyantouptkaubun@yahoo.com

5. Email Desa Bumi Rapak  : bumirapak@yahoo.co.id

6. Email Desa Bumi Jaya  : bumijaya31@yahoo.co.id

7. Email Desa Cipta Graha  : ciptagraha04@yahoo.com

8. Email Desa Bukit Permata  : permata_bukit@yahoo.com

Saat ini sebagian kegiatan surat-menyurat telah dilakukan media internet ini.

Jumlah Surat Keluar dari tahun ke tahun pun semakin mengalami peningkatan. Dalam catatan kami di tahun 2008 jumlah surat keluar baru mencapai 187 Surat yang meliputi  Seksi Pemerintahan sebanyak 47 surat, Seksi PMD 43 surat, seksi Kesra 44 surat,Seksi Pelayanan Umum 10 surat, Sekretariat 21 surat dan seksi Trantib 22 surat. Namun ditahun 2009 terjadi peningkatan alur surat keluar yang mencapai 477 surat dan tercatat di tahun 2010 telah mencapai 732 surat yang terdiri dari 58 surat dari Seksi Pemerintahan, seksi PMD mencapai 267 surat, Seksi  Kesra 245 surat, seksi Pelayanan Umum 41 surat, seksi Trantib 53 dan Sekretariat Kecamatan mencapai 68 surat. Minimnya surat keluar pada tahun 2008 tidak terlepas dari minimnya sarana dan prasarana serta tenaga SDM yang melaksanakan kegiatan pelayanan. Hal itu tidak terlepas dari minimnya anggaran yang diterima selama ini.

Pembinaan administrasi juga pernah dilakukan oleh pihak kantor Camat Kaubun terhadap pemerintahan desa dengan cara melaksanakan pembekalan bagi pemerintah desa diDesa Bumi Etam, Desa Bumi Rapak, Desa Bumi Jaya, Desa Cipta Graha, Desa Pengadan Baru, Desa kadungan Jaya, Desa Bukit Permata tanggal 23-25 November 2010 , seperti tata naskah dinas, keuangan desa serta pengarsipan surat-surat.

Pelayanan Publik yang dikeluarkan seksi pemerintahan
tahun 2008-2010

Pelayanan yang saat ini dapat dilakukan selain pelayanan KTPdan KK , pelayanan Keterangan Pindah,Surat Keterangan Lahir (2 Surat),Surat Ket Tanah (2 Surat),KTP Sementara (54 Surat) karena ketiadaan blanko KTP. Camat yang belum dilantik sebagai PPATs (PP 37/2008) tidak dapat menandatangani surat tanah/akta tanah saat ini. Jumlah pelayanan KTP dan KK yang dilakukan sejak tahun 2008 adalah sebanyak 1.500 KTP dan 253 KK, kemudian ditahun 2009 mengalami penurunan 1.201 KTP dan 300 KK namun ditahun 2010 tercatat sebanyak 1.344 KTP dan 350 KK yang telah dikeluarkan oleh Seksi Pemerintahan Kantor Camat Kaubun.

Seksi Pemerintahan sejak tahun 2009 sudah melaksanakan sosialisasi tentang administrasi kependudukan dan hasilnya saat ini sudah lebih tertib yakni misalnya kepastian jumlah biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat untuk memperoleh KTP dan serta proses pencetakan KTP yang memerlukan surat Pengantar dari RT setempat dan Desa. Hal ini untuk mengantisipasi adanya penduduk ilegal maupun penduduk asing yang tidak dikenal yang bisa  membawa dampak yang tidak baik bagi masyarakat sekitarnya.

Pelayanan Publik Seksi Kesejahteraan Rakyat tahun 2008-2010

Seiring dengan meningkatnya kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Timur mengenai kesejahteraan sosial, jumlah rekomendasi yang dikeluarkan pun semakin meningkat, untuk pelayanan SKTM ini tidak dipungut biaya (gratis).Surat-surat yang dikeluarkan oleh seksi Kesra biasanya bersifat temporer dan tergantung kebutuhan masyarakat. Seksi Kesra biasanya mengeluarkan surat-surat seperti Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) untuk pengurusan Jamkesmas bagi masyarakat yang berobat, Rekomendasi Pemberian Bantuan Sosial yang berasal dari Pemkab Kutai Timur, Rekomendasi bantuan untuk Kelompok Tani, dan Keterangan untuk melanjutkan pendidikan. Pada tahun 2008, jumlah masyarakat yang mengurus SKTM 12 orang, rekom bansos 21 orang, rekom bantuan kelompok tani 11 orang. kemudian ditahun 2009 mengalami peningkatan yaitu jumlah SKTM yang dikeluarkan 40 surat, rekomendasi bansos 89 surat, rekomendasi bantuan untuk kelompok tani 27 surat dan keterangan melanjutkan studi pendidikan  5 orang. dan tercata di tahun 2010 jumlah SKTM yang dikeluarkan mencapai 106 surat, rekomendasi Bansos 114 surat, rekomendasi bantuan untuk kelompok tani 27 surat serta Rekomendasi untuk melanjutkan studi pendidikan 9 orang.

JUMLAH PELAYANAN PUBLIK SEKSI PELAYANAN UMUM TAHUN 2008-2010.

Seksi Pelayanan Umum pun juga melaksanakan pelayanan kepada masyarakat disamping tugas-tugas umum untuk kepentingan kantor seperti perlengkapan kantor dan rumah tangga kantor. Pelayanan yang dimaksud yaitu membantu memberikan register surat masuk dan surat keluar agar tidak mudah disalahgunakan oleh pihak yang tidak berkepentingan.  Surat yang dimaksud adalah proposal, surat permohonan dan surat lain-lain yang berasal dari masyarakat atau kelompok masyarakat yang memerlukan tanda tangan sepengetahuan Camat Kaubun. Pelaksanaan Permendagri Nomor 4 tahun 2010 diharapkan membantu seksi ini dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Surat yang telah diregister di Pelayanan Umum baru mencapai 10 surat ditahun 2008 kemudian meningkat menjadi 47 surat di tahun 2009 dan kembali menurun ditahun 2010 yang hanya mencapai 41 surat. Diharapkan ada kebijakan dari Bupati Kutai Timur menyangkut kewenangan pelayanan Kabupaten yang dilimpahkan kepada Kecamatan agar tugas dan fungsi seksi Pelayanan Umum ini menjadi bertambah.

Pelayanan Publik Seksi Ketentraman dan Ketertiban (Trantib ) tahun 2008-2010.

Terbatasnya kewenangan yang dimiliki oleh Camat menyebabkan masyarakat masih enggan mengurus HO/SITU/TDP/IMB dan hal lain sebagaimana diatur dalam Perda karena kepengurusan masih harus dilakukan di Sangatta.Diharapkan ada kebijakan dari Pemda agar Camat dapat melaksanakan sebagian kewenangan Bupati Kutai Timur seperti pengeluaran ijin gangguan skala kecil, ijin mendirikan Bangunan, dan ijin-ijin lain yang selama ini harus dikeluarkan oleh Bupati Kutai Timur.

Ditahun 2008 dan tahun 2009 misalnya, hanya  1 orang yang mengurus Rekomendasi ijin usaha. ditahun 2010 hanya ada 6 rekomendasi ijin usaha yang dikeluarkan oleh camat Kaubun.

About these ads

2 responses to “Jumlah Pelayanan Publik di Kantor Camat Kaubun

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s