Struktur Organisasi dan Tata Kerja Kantor Camat Kaubun

Pengaturan tentang Kecamatan di wilayah Kabupaten Kutai Timur telah diatur melalui Keputusan Bupati Kutai Timur Nomor : 113/02.188.45/HK/IV/2004 tentang Struktur Organisasi Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Kutai Timur dimana struktur organisasi Kecamatan terdiri dari 1 (satu) sekretariat dan 5 (lima) seksi. Walaupun demikian Kecamatan Kaubun yang dipimpin oleh Camat saat ini belum menerima sebagian kewenangan yang dilimpahkan oleh Bupati Kutai Timur sebagaimana yang disyaratkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2008 tentang Kecamatan.

Dalam SK Bupati Kutai Timur Nomor 113/02.188.45/HK/IV/2004 tersebut, Camat mempunyai beberapa kewenangan yaitu :

  1. Penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan umum dan pembinaan keagrariaan dan pembinaan sosial politik dalam negeri.
  2. Pembinaan pemerintahan desa
  3. Pembinaan ketentraman dan ketertiban wilayah Kecamatan
  4. Pembinaan pembangunan yang meliputi pembinaan perekonomian, produksi dan ditribusi serta pembinaan sosial.

Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, Camat bertanggungjawab kepada Bupati Kutai Timur melalui Sekretaris Daerah..

  1. Tugas Pokok Kecamatan

Tugas pokok Kecamatan adalah “membantu Bupati dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pemberdayaan kehidupan masyarakat dalam wilayah kecamatan.”

  1. Fungsi Kecamatan
  2. Pelaksanaan kebijakan pemerintah kabupaten di wilayah kecamatan
    1. Membantu Sekretaris Daerah dalam penyediaan informasi mengenai wilayah kecamatan yang dibutuhkan dalam perumusan kebijakan bagi Bupati.
    2. Pengkoordinasian kegiatan-kegiatan penyelenggaraan lintas desa.
  1. Tugas Pokok dan Fungsi Camat dan Staf Kecamatan Kaubun
  2. Fungsi Camat

Fungsi Camat adalah sebagai berikut :

  1. Penyusunnan dan pelaksanaan operasional mengenai tugas dan kewenangan yang diberikan Bupati di wilayah kecamatan.
  2. Pengkoordinasian dan pengendalian pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan yang dilaksanakan oleh instansi vertikal dan cabang-cabng dinas serta instansi yang setingkat di wilayah kecamatan.
  3. Pengusulan pembentukan cabang-cabang dinas diwilayah kecamatan yang bersangkutan.
  4. Pemberdayaan, pengkoordinasian dan pengawasan represif terhadap penyelenggaraan pemerintah desa diwilayah kecamatan yang bersangkutan.
  5. Penyelenggaraan administrasi organisasi dan tata laksana serta pembinaan kepada seluruh perangkat desa.
  6. Pelaksanaan kegiatan dalam upaya pembinaan pemerintah umum, kelurahan dan pemberdayaan pemerintah desa, menciptakan tertib administrasi pertanahan, administrasi kependudukan dan tenaga kerja.
  7. Pelaksanaan kegiatan dalam upaya menciptakan ketertiban umum, kesatuan dan persatuan bangsa serta perlindungan masyarakat.
  8. Pelaksanaan kegiatan dalam upaya meningkatkan produksi dan melancarkan distribusi barang/jasa, pemberdayaan lembaga keuangan swadaya masyarakat dan pengolahan sumber daya daerah.
  9. Pelaksanaan kegiatan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan social, keagamaan, pendidikan, kebudayaan dan pemberdayaan perempuan.

10. Penyampaian laporan pelaksanaan tugas Bupati melalui Sekretaris Daerah.

11. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Bupati.

12. Membina Penyelenggaraan Pemerintahan, Pembagunan dan Pembinaan Kehidupan dalam wilayah Kecamatan.

13. Penyelenggaraan Tugas Pemerintahan Umum.

14. Pembinaan Administrasi Pemerintahan Desa.

15. Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Mayarakat

16. Peyusunan Program Pembinaan Administrasi dan Ketatalaksanan.

17. Penbinaan Administrasi Kependudukan.

Sekretaris Camat Mempunyai Tugas dan Fungsi Sebagai berikut:

  1. Melaksanakan Urusan Surat menyurat Dan Tugas lain yang di berikan olah camat.
  2. Menyusun Rencana Kegiantan Rapat Koordinasi dan bahan Laporan.
  3. Menyusun Anggaran dan Mengelola Keuangan Kecamatan .
  4. Menyusun dan Mengelolah Tata Usaha Kearsipan dan Kepegawaian Kecamatan .
  5. Pemberian Saran dan Pendapat Kepada Camat yang Berhubungan dengan Kesekretarisan .
  6. Pembuatan Monografi Kecamatan dan menyiapkan data-data yang berkaitan tentang Kecamatan.

A. Tugas Pokok dan Fungsi Camat dan Staf Kecamatan Kaubun

1. Camat

Fungsi Camat adalah sebagai berikut :

  1. Penyusunnan dan pelaksanaan operasional mengenai tugas dan kewenangan yang diberikan Bupati di wilayah kecamatan.
  2. Pengkoordinasian dan pengendalian pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan yang dilaksanakan oleh instansi vertikal dan cabang-cabang dinas serta instansi yang setingkat di wilayah kecamatan.
  3. Pengusulan pembentukan cabang-cabang dinas diwilayah kecamatan yang bersangkutan.
  4. Pemberdayaan, pengkoordinasian dan pengawasan represif terhadap penyelenggaraan pemerintah desa diwilayah kecamatan yang bersangkutan.
  5. Penyelenggaraan administrasi organisasi dan tata laksana serta pembinaan kepada seluruh perangkat desa.
  6. Pelaksanaan kegiatan dalam upaya pembinaan pemerintah umum, Desa dan pemberdayaan pemerintah desa, menciptakan tertib administrasi pertanahan, administrasi kependudukan dan tenaga kerja.
  7. Pelaksanaan kegiatan dalam upaya menciptakan ketertiban umum, kesatuan dan persatuan bangsa serta perlindungan masyarakat.
  8. Pelaksanaan kegiatan dalam upaya meningkatkan produksi dan melancarkan distribusi barang/jasa, pemberdayaan lembaga keuangan swadaya masyarakat dan pengolahan sumber daya daerah.
  9. Pelaksanaan kegiatan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan social, keagamaan, pendidikan, kebudayaan dan pemberdayaan perempuan.

j.      Penyampaian laporan pelaksanaan tugas Bupati melalui Sekretaris Daerah.

k.    Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Bupati.

l.      Membina Penyelenggaraan Pemerintahan, Pembagunan dan Pembinaan Kehidupan dalam wilayah Kecamatan.

m.   Penyelenggaraan Tugas Pemerintahan Umum.

n.    Pembinaan Administrasi Pemerintahan Desa.

Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Mayarakat

o.    Peyusunan Program Pembinaan Administrasi dan Ketatalaksanan.

p.    Pembinaan Administrasi Kependudukan.

 

2. Sekretaris Camat

Sekretaris Camat Mempunyai Tugas dan Fungsi Sebagai berikut:

  1. Melaksanakan Urusan Surat menyurat Dan Tugas lain yang di berikan olah camat.
  2. Menyusun Rencana Kegiantan Rapat Koordinasi dan bahan Laporan.
  3. Menyusun Anggaran dan Mengelola Keuangan Kecamatan .
  4. Menyusun dan Mengelolah Tata Usaha Kearsipan dan Kepegawaian Kecamatan .
  5. Pemberian Saran dan Pendapat Kepada Camat yang Berhubungan dengan Kesekretarisan .
  6. Pembuatan Monografi Kecamatan dan menyiapkan data-data yang berkaitan tentang Kecamatan.

 

3. Kasubag Umum

Kasubag Umum Mempunyai Tugas dan Fungsi Sebagai berikut ::

  1. Menyiapkan penyelenggaraan rapat-rapat di tingkat Kecamatan seperti Undangan dan Daftar Hadir Rapat
  2. Melakukan urusan rumah tangga yaitu mengecek kebutuhan rumah jabatan Camat dan gedung-gedung Kantor Camat Kaubun.
  3. Mengurus kendaraan dinas dan barang-barang inventaris milik Kantor Camat Kaubun serta melakukan pengamanan pada Kantor Camat Kaubun

 

 

 

 

 

4. Kasubag Kepegawaian

Kasubag Kepegawaian mempunyai Tugas dan Fungsi Sebagai berikut :

  1. Melaksanakan pembinaan administrasi termasuk membina urusan tata usaha dan membina kepegawaian bagi Tenaga Honorer,TK2D dan PTT Kantor Camat Kaubun.
  2. Melakukan pembinaan kepegawaian terhadap Sekretaris Desa yang telah diangkat menjadi PNS
  3. Memproses DP3 PNS staf Kantor Camat Kaubun
  4. Memproses kenaikan gaji dan kenaikan pangkat PNS staf Kantor Camat Kaubun

 

5. Kasubag Keuangan

Kasubag Keuangan Mempunyai Tugas dan Fungsi Sebagai berikut ::

  1. Melaporkan secara rutin Penggunaan dana Operasional Kecamatan ke Camat.
  2. Memproses Hasil Laporan Perjalanan Dinas dan membuat rekapitulasi Perjalanan Dinas Staf kepada Camat
  3. Pelaksanaan dan menerima pungutan atas biaya, pajak dan retribusi yang dilaksanakan oleh Kantor Camat Kaubun

 

6. Seksi ketentraman dan ketertiban umum

Kasi Seksi Mempunyai Tugas dan Fungsi Sebagai berikut :

  1. Pemberian rekomendasi dan perijinan keramaian untuk Kegiatan yang melibatkan jumlah orang lebih dari 1.500 orang
  2. Mengkoordinir pelaksanaan penegakan Perda, penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat serta perlindungan masyarakat;
  3. pelaksanaan koordinasi penegakan Perda dan peraturan kepala daerah, penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia, Penyidik Pegawai Negeri Sipil daerah, dan/atau aparatur lainnya;
  4. mengoordinir pengawasan terhadap masyarakat, aparatur, atau badan hukum agar mematuhi dan menaati Perda dan peraturan kepala daerah; dan
  5. Melaksanakan koordinasi dengan Badan Kesbang Linmas dan Satpol PP terkait pembinaan kesatuan Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat (LINMAS) diwilayah kerjanya.
  6. Melaksanakan inventarisasi potensi pajak dan retribusi daerah ke wilayah-wilayah Desa.
  7. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

7. Seksi Pemerintahan

Seksi Pemerintahan Mempunyai Tugas dan Fungsi Sebagai berikut:

  1. Melaksanakan Urusan Pemerintahan Umum Desa
  2. Pembinan Administrasi Desa, Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ), Lembaga Kemasyarakatan lainnya di Desa.
  3. Melakukan Penilaian atas Laporan Pertanggungjawaban Kepala Desa.
  4. Memfasilitasi Penyelengaraan Kerja sama antar Desa dan Penyelenggaraan Perselisihan antar Desa.
  5. Memfasilitasi Peralatan Administrasi Desa di wilayah Kerja Kecamatan.
  6. Meninjau Desa-desa dan Memeriksakan Administrasi Desa dalam Segala Bidang, Terutama dalam hal Administrasi Keuangan dan Registrasi Desa sertaPembendaharaan Desa.
  7. Penyusunan dan Pembinaan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil.
  8. Pelaksanaan Kegiatan Administrasi Kependudukan, Memantau dan mendata Penduduk Desa di wilayah Kecamatan Kaubun.
  9. Menyediakan Data Terbaru Mengenai Kependudukan dan Melaporkannya secara Berkala ke Kabupaten Kutai Timur.

j.      Pembinaan Kemasyarakatan dan Lembaga Kemasyarakan Serta Organisasi Sosial Politik.

  1. Memelihara Lancarnya Roda Pemerintahan di wilayah Desa Serta Menjalankan Tugas Pemerintahan Umum.
  2. Melakukan Koordinasi Dengan Instansi-instansi Pemerintahan di wilayah Kerjanya.
  3. Fasilitasi Penyelenggaraan Pilkades dan BPD.
  4. Pelaksanaan Pengambilan Sumpah/Janji dan Pelantikan Kepala Desa. Pimpinan dan Kepala Desa di wilayah Kerjanya.
  5. Pengawasan terhadap tanah Negara dan tanah aset Pemerintah Daerah di wilayah kerjanya.
  6. Pembantuan terhadap pelaksanaan pembebasan tanah milik dan pelepasan hak yang akan dipergunakan untuk kepentingan pembangunan, serta peralihan status tanah dari tanah negara menjadi hak milik sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.
  7. Pelaksanaan monitoring dan inventarisasi terhadap setiap kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan tanah terlantar, tanah Negara bebas, dan tanah timbul diwilayah kerjanya.

 

8. Seksi pelayanan umum

Seksi Pelayanan Umum Mempunyai Tugas dan Fungsi Sebagai berikut :

  1. Mengkoordinasi Pelaksanaan Inventarisasi Aset Daerah atau Kekayaan Daerah lainnya yang ada di wilayah Kaubun seperti Kendaraan Dinas dan Proyek-proyek yang di Biayai oleh pihak ketiga.
  2. Pembantuan dalam hal penetapan peruntukan, proses pengalihan, dan perubahan status tanah kekayaan desa serta pengalihan status tanah kekayaan desa yang berubah menjadi Desa .
  3. Fasilitasi penyelenggaraan Taman Kanak-kanak dan Pendidikan Dasar

d.    Pembinaan dan pengawasan kegiatan program kesehatan masyarakat.

  1. Pembinaan dan pengembangan ketenagakerjaan dan perburuhan.
  1. Memfasilitasi Penyelenggaraan Kegiatan Keluarga Berencana.
  2. Pelaksanaan penyuluhan program wajib belajar.
  3. Pelaksanaan  pelantikan dan pengambilan sumpah Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan Madrasah Ibtidayah Negeri (MIN).

 

9. Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa

Mempunyai Tugas dan Fungsi Sebagai berikut

  1. Menyusun Rencana dan Petunjuk Program Pembangunan Desa.
  2. Melaksanakan Pembinaan Terhadap Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) .
  3. Fasilitas dan koordinasi penyelenggaraan  pembangunan diwilayah Kecamatan.
  4. Pengkoordinasian pelaksanaan pembangunan swadaya masyarakat desa
  5. Mengumpulkan dan Menganalisa data Pembangunan Desa .
  6. Menyelenggarakan Administrasi Pelaksanaan Bantuan Pemerintah kepada Desa
  7. Menyelenggarakan Administrasi Pelaksanaan dan Pengelolahan yang Bersumber dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Pihak ketiga dan dari Masyarakat
  8. Fasilitasi penyusunan peraturan Desa dibidang Pembangunan
  9. Penyelenggaraan lomba/penilaian Desa/Desa tingkat Kecamatan.
  10. Membuat rekomendasi pencairan Alokasi Dana Desa serta membuat rekapitulasi surat rekomendasi pencairan Alokasi Dana Desa.
  11. Pelaksanaan pencegahan atas pengambilan Sumber Daya Alam tanpa ijin dan dapat mengganggu serta membahayakan lingkungan hidup.
  12. Fasilitasi pengembangan perekonomian diwilayah desa
  13. Pembinaan dan pengembangan serta pemantauan kegiatan perindustrian, perdagangan, pertambangan, kepariwisataan, perkoperasian, Usaha Kecil Menengah (UKM), dan golongan ekonomi lemah, peternakan, pertanian, perkebunan, perikanan dan kelautan.
  14. Pengawasan penyaluran dan pengembalian kredit dalam rangka menunjang keberhasilan program produksi pertanian
  15. Pembinaan, Pengembangan dan Pembangunan Prasarana dan Pembangunan Perekonomian Desa .

 

10. Seksi Kesejatehraan Sosial

Seksi Kesejahteraan Sosial mempunyai Tugas dan Fungsi Sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan dan Menangani hal-hal yang Berhubungan dengan Kesejahteraan Sosial dan bina mental spiritual.
  2. Mempersiapkan Pemberian Bantuan dan Pelayanan serta Bimbingan Sosial lainnya.
  3. Mempersiapakn Bahan-bahan Pembinan dan Pendataan Terhadap Penderita Cacat, Tuna karya, Tuna wisma, Panti asuhan dan lain-lain.
  4. Pembinaan Lembaga Adat dan Suku Adat Pedalaman/terasing.
  1. Mempersiapkan Bahan-bahan Kegiatan Pembinaan Pendidikan Masyarakat dan Pembinaan Kesenian Budaya.
  2. Pengumpulan Data-data rumah ibadah dan jumlah Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda di Desa ( Karang Taruna, Irma dan lain-lain )
  3. Pembinaan dan pengawasan kegiatan program pendidikan, generasi muda, keolahragaan, kebudayaan, kepramukaan serta peranan wanita.
  1. Fasilitasi kegiatan Organisasi Sosial / Kemasyarakatan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Pencegahan dan penanggulangan bencana alam dan pengungsi.
  2. Penanggulangan masalah dan kerawanan sosial dimasyarakat desa.
  3. Pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan obat, narkotika, psikotropika, zat adiktif dan bahan berbahaya lainnya.
  4. Fasilitasi pembinaan kerukunan hidup antar umat beragama

 

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya  Kecamatan  mengadakan koordinasi dengan Dinas/Instansi (Unit Pelaksana Teknis Daerah) terkait sehingga dapat  mencapai hasil kerja yang optimal dan program dapat berjalan serasi dan seimbang.

Organisasi

Camat Kaubun      :Rizali Hadi,S.IP
Sekretaris Camat: Suria Atmaja,S.Sos
Sub.Umum                : Junaidi A.
Staf Sub.bag Keuangan : Syamsul Bahri,karlina
Sub.bag Kepeg; Ita Sufianti
Plh.Kasi Pemerintahan :Eriyanda, 

Staf-staf   : Junaidi A.,ferdinandus Ndopo,Ahmad Abi Musa

Kasi PMD           :Suprapto,SSTP 

Staf-staf   : Ayatman,Usman Beda,F. Iwan S.

Plh.Kasi PUM    : Sabiman 

Staf-staf : Sri erni Wijayanti,Fitriyani,Siti Sholikah

Plh.Kasi Kesra   : Asdar 

staf-staf : Siti Sholikah,Yacolina B.Sondong,A.Md

Kasi Trantib  :Wahyono
 

Staf-Staf :Yohanes Baba,Nyoman Sudarma, Bruno Van Harten

Jabatan Fungsional Bendahara Pengeluaran  :
Bendahara Gaji    : Syamsul Bahri
About these ads

2 responses to “Struktur Organisasi dan Tata Kerja Kantor Camat Kaubun

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s